Saturday, September 11, 2010

Sholat Ied di Gadingmangu

Gadingmangu, Seperti tahun-tahun sebelumnya sholat Iedul Fitri tahun 2010 ini dilaksanakan di lapangan halaman Masjid Luhur Nurhasan. Lapangan yang berada di sebelah timur masjid itu dipenuhi dengan Jama'ah sholat Ied dan bahkan meluber sampai dengan aula yang hampir-hampir juga tidak cukup untuk menampung luberan orang-orang yang ingin mengikuti sholat Ied.

Bertindak selaku Imam dan Khotib adalah Bapak H. Sholihun, dan terlihat juga di barisan depan Bapak H. Abdul Syukur dan Bapak H. Abdurrahman Ihsan. Di dalam nasehat yang disampaikan setelah khotbah Bp. H. Sholihun mengingatkan tentang pentingnya silatul arham pada momen hari raya. Karena pada hari raya, umumnya orang bersantai di rumah berkumpul bersama keluarga tidak pergi bekerja sehingga mudah untuk ditemui. Dibeberkan pula tentang sunah Rasul ketika momen hari raya bertepatan dengan hari Jum'at. "Ketika hari raya bertepatan dengan hari Jum'at, maka solat Jum'at menjadi sunah tetapi tetap wajib melaksanakan sholat dhuhur. Akan tetapi Rasul melaksanakan sholat Jum'at, katanya. Oleh karena itu, diusahakan bagi Jama'ah yang tinggalnya berdekatan dan juga tidak jauh dari Masjid untuk tetap melaksanakan sholat Jum'at, imbuhnya lagi.

Sedangkan sholat Jum'at Imam dan Khotibnya adalah Ustadz Agus Narto, dan nasehat setelah sholat diliburkan untuk memberi kesempatan kepada para Jama'ah untuk melanjutkan silatul arham.

0 comments:

Post a Comment